Melampirkan Halaman (Cover), Editorial Board, Indeks, dan Kelengkapannya di OJS

Mulai diterapkannya aturan baru terkait  dengan akreditasi Jurnal tentunya sedikit banyak akan mempengaruhi tentang pengelolaannya. Satu hal seperti pencetakan Jurnal. Aturan akreditasi sangat memungkinkan bahwa Jurnal yang diterbitkan tidak perlu dicetak. Lalu, bagaimana jika penulis ingin mendapatkan full isssue versi printed-nya?
Menjawab pertanyaan tersebut, OJS memiliki fasilitas untuk mengunggah issue dilengkapi dengan macam-macam kelengkapan versi cetaknya seperti: cover, kata pengantar, editorial board, author biography, indeks dan sebagainya. Caranya adalah membut section yang berbeda dengan section artikel. Section tersebut di-setting supaya tidak butuh atribut/kelengkapan seperti artikel yang membutuhkan abstrak, keyword dll.
Langkap-langkahnya:
1. Login di OJS
2. Masuk ke Journal Manager
3. Pilih Jurnal Section 
 Section Default atau bawaan yang ada dan aktif adalah article.
4. Pilih Create Section
Select title:
isi dengan nama section yang mewakili untuk mengunggah dokumen (misal: editorial)
Abbreviation:
 singkatan dari nama section (misal EDT)
Review Form:
pilih None/Free Review karena dokumen yang akan diunggah tidak akan di-review
Indexing:
checklist semuanya
Restrictions:

Checklist bagian ini supaya hanya editor yang dapat mengisi section ini. Jika ada penulis yang melakukan submisi, maka artikel akan otomatis masuk ke section artikel dan tidak perlu memilih ke section lain.
Word count:
Biasanya dipakai di section artikel untuk membatasi jumlah kata dalam abstrak. Jadi, abaikan saja.
Table of Content:
Checklist yang author names saja, supaya masih tetap muncul di table of content setiap issue
About:
Abaikan saja
5. Save
  
Cover dan kelengkapan jurnal lainnya dapat diunggah melaui Quicksubmit Plugin. Pada submission data kini akan muncul pilihan section (article dan editorial). Oleh karena itu, editorial section dipilih setiap mengunggah kelangkapan jurnal (cover, kata pengantar, dan lainnya selain artikel).
Dengan skema ini, pengelola bahkan tidak perlu mencetak satu eksemplar jurnal pun untuk didistribusikan kepada penulis. Penulis akan memperoleh versi printed Jurnal dengan mengunduh artikel dan kelengakapn lainnya di website jurnal. Skema ini sangat bagus untuk efisiensi. Sebagai contoh, jurnal yang dicetak seringkali tidak habis didistribusikan dan hanya menjadi sampah. Selain itu yang lebih penting adalah semangat GO GREEN, penghematan kertas, pengurangan penggunaan "pohon" untuk menerbitkan jurnal.