Membuat Google Scholar

Google Scholar adalah pengindeks yang sangat terkenal di kalangan para cendekia. Mesin pengindeks ini merupakan salah satu tolok ukur bagi seseorang untuk melihat seberapa banyak tulisannya dibaca dan dikutip oleh orang lain. Dengan memiliki akun di Google Scholar, seseorang dapat mengetahui jumlah sitasi (citedness), H-Index, dan i10-Index. Semakin tinggi sitasi dan h-index yang dimiliki, maka akan semakin kredibel profil seorang cendekia.
Namun, mesin pengindeks ini masuk dalam kategori pengindeks rendah. Hal ini dikarenakan: (1) artikel-artikel yang diakuisisi adalah artikel tanpa adanya validasi dari Google Scholar atau pemilik tulisan; (2) artikel dengan nama penulis yang identik dapat diakuisisi oleh penulis yang bukan pengaranganya; (3) untuk menambah sitasi, seorang cendekia dapat menambahkan artikel siapapun.

Terlepas dari hal tersebut, pengindeks ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui sitasi dari seorang cendekia dan jurnal. Google Scholar merupakan pilihan yang sangat populer karena cara membuat profil di pengindeks ini sangat mudah dan cepat. Berikut adalah caranya.
1. Buka situs berikut: https://scholar.google.com/
2. Masukana email gmail
3. Kemudian memasukkan data sebagai berikut:
    a. Afiliasi diisikan nama lembaga atau intitusi
    b. Interest area diisikan dengan bidang minat misal: penddikan atau lainnya yang lebih spesifik
    c. Email verifikasi, gunakan email institusi misal rohmatpurwoko@uny.ac.id
    d. Beranda, isikan profil yang dipunyau di internet
4. Selesaikan dulu proses isian data, setekah selesai baru melihat artikel terkait.

Kemudian, setelah selesai, buka email yang diisikan sebagai email verifikasi, kemudian klik  pada link yang ada dalam email verifikasi. Setelah itu, tambahkan artikel pada list dengan cara:
1. Klik tombol "+ tambah"
2. Pilih "tambahkan artikel" satu persatu untuk menelaah artikel yang akan dimasukkan dalam list.
3. Massukan artikel dalam list dengan dengan checklist tiap artikel yang memang itu artikel karya kita.
4. tekan tombol add atau tambah
5. Setelah selesai dengan halaman pertama kemudian bisa dilakukan pencarian lagi dengan tekan tombol anak panah selanjutnya ">" pada bgaian bawah.

Setalah tahapan tersebut dilakukan, maka dalam profil akan muncul jumlah artikel dengan jumlah sitasi. Dari sitasi tersebut akan diperoleh nilai h-indeksdan i10-index.
Berikut contoh penjelasnya, Jurnal Pendidikan Vokasi memiliki nilai sitasi 261, dengan h-indeks: 9 dan i10-indeks 7. Artinya, dari list artikel yang ada dalam Jurnal Pendidikan Vokasi, ada 9 karya atau artikel yang setiap artikelnya sudah dikutip minimal 9 kali. Kemudian, ada 7 artikel, yang setiap artikelnya sudah dikutip minimal 10 kali.